Negara-ini-kini-amburadul-karena-buru-buru-merdeka

Negara ini kini amburadul karena buru-buru merdeka

Ya, merdeka adalah hak segala bangsa seperti tertera di Undang-Undang Dasar 1945, sebagian negara memperoleh kemakmuran lebih setelah menyatakan kemerdekaannya, sebut saja Singapura, negara ini dulu hanyalah sebuah kota pelabuhan yang merupakan wilayah Kerajaan Malaysia, namun coba lihat Singapura sekarang sangat jauh berbeda bila kita tilik berabad-abad silam, bagaimanapun mereka memperoleh kemerdekaan bukan dengan cara kekerasan ataupun peperangan melainkan dengan jalur diplomasi.

google.com

selain itu seharusnya, Taiwan juga bisa diacungi jempol dalam hal memerdekakan diri dari Cina, mereka mengutamakan kemerdekaan secara Ekonomi, sosial dan politik terlebih dahulu, sehingga ketika rakyat sudah makmur, ekonomi kuat maka merdeka secara bendera tak terlalu sulit mereka raih.
google.com


Akan tetapi ada juga beberapa negara yang terkesan buru-buru untuk merdeka sehingga amburadul ketika mendapatkannya negara manasajakah itu, yuk disimak:
1. Timor Leste
Lihat saja perkembangan Timor Leste sekarang yang notabene diklaim sebagai salah satu negara termiskin di Dunia serta pembangunan infrastrukturnya juga melambat setelah resmi memisahkan diri dari Indonesia.

2. Sudan Selatan

Negara termuda di Dunia ini, mendapatkan kemerdekaannya beberapa tahun yang lalu, dengan peperangan panjang yang banyak merugikan baik disegi moril maupun materil, tapi apa yang rakyat Sudan Selatan dapatkan sekarang semenjak pisah dengan Sudan?? bahkan lebih menderita dari sebelumnya akibat elit politiknya asik bertikai memperebutkan tahta.

Seharusnya baik Timor Leste maupun Sudan Selatan bisa berkaca pada Singapura ataupun cara Taiwan merdeka dengan tidak terburu-buru.Karena merdeka yang hanya sekedar bendera tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan Merdeka secara Ekonomi, Sosial dan Politik (Ekosop).

Ngeri membayangkannya ya sahabat blogger, rakyat berharap setelah merdeka bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik, sebaliknya yang mereka dapatkan justru sebaliknya.
Mudahan-mudahan kita bisa menjaga negara kita dalam keadaan aman dan damai selalu, semoga artikel ini bermanfaat ya dan terimakasih telah mengunjungi blog ini.


0 Response to "Negara-ini-kini-amburadul-karena-buru-buru-merdeka"

Post a Comment