Jika-Sabang-berjaya-lagi-Tiga-Kota-dan-Satu-Negara-ini-Gulung-Tikar

Dua-Kota-dan-Satu-Negara-ini-akan-gulung-Tikar-jika-Pelabuhan-Sabang-berjay-lagi

Sabang Pulau Weh, Aceh siapa sih yang tidak kenal dengan pulau eksotis yang terletak di ujung barat Indonesia ini!

Dulu pada masa penjajahan Belanda Sabang adalah tempat transit kapal-kapal yang berlayar dari Eropa ke Asia Timur maupun sebaliknya, baik untuk mengisi ulang perbekalan maupun bahan bakar yang dulu  berupa batubara, menjadikan Sabang tempat tersibuk di dunia, namun seiring dengan kemerdekaan Sabang beralih dari Belanda ke Republik Indonesia sehingga jadi kurang terurus dan ketinggalan zaman sehingga Sabang kian mundur, dilupakan dan ditinggalkan.

namun jika pemerintah Aceh mau berbenah dan bekerja ekstra Sabang bisa kok jaya lagi seperti dulu, akan banyak sekali perubahan yang akan terjadi sampai konsikuensi bangkrutnya beberapa kota dan negara, kota dan negara manakah?? yuk disimak...

1. Medan
google.com


Selama ini masyarakat Aceh sangat bergantung kepada kota ini semenjak ditutupnya pelabuhan bebas Sabang (walaupun sekarang dibuka lagi tapi jalan ditempat), sehingga bisa dipastikan begitu Pelabuhan Sabang berjaya lagi semua barang masuk akan melewati pelabuhan tersebut, bayangkan tidak ada lagi masyarakat yang akan berbelanja lagi ke Medan.

2. Batam
google.com

Tak bisa dipungkiri inilah yang menyebabkan Sabang gulung tikar, makanya pejabat disana sangat menjaga agar Batam tetap hidup, jelaslah jika Sabang berjaya lagi, reduplah Batam.

3. Singapura
google.com

Dulu ketika kapal masih memakai batubara mereka semua singgah di Sabang, namun Sabang tak sanggup mengikuti perkembangan zaman waktu peralihan kapal berbahan bakar batubara ke diesel, sehingga kapal-kapal pada lari ke Singapura, seandainya ada kepedulian lebih dari pemerintah terhadap Sabang maka Singapura bakal gulung tika seperti yang dia lakukan dulu terhadap Sabang.

semoga saja...

0 Response to "Jika-Sabang-berjaya-lagi-Tiga-Kota-dan-Satu-Negara-ini-Gulung-Tikar"

Post a Comment